Sunday, March 16, 2008

Kuil Kuno di Peru dari Masa Pra-Inca

LIMA- Puing-puing situs arkeologi dari masa pra-Inca ditemukan di Peru. Para arkeolog berhasil menggali bekas jalan dan sistem irigasi yang dibuat di awal berdirinya ibukota Kerajaan Inca, Cuzco.

Dari situs tersebut juga ditemukan 11 kamar yang berisi beberapa mumi dan patung. Sebagian struktur bangunannya ditemukan lebih tua dari usia kerajaan Inca namun kemudian mengalami pengembangan dan perluasan.


"Ini berasal dari kebudayaan pra-Inca dan Inca," ujar Washington Camacho, direktur Taman Arkeologi Sacsayhuaman. Suku Inca baru masuk wilayah tersebut setelah dibangun dan kemudian mengubah bentuk kuil tersebut. Sebelumnya bentuknya sangat kasar khas bangunan pedusunan.

Kuil tersebut diperkirakan dibangun budaya Killke yang berjaya sebelum Inca antara tahun 900-1200. Kuil tersebut selain berfungsi sebagai tempat peribadatan juga untuk tujuna militer karena dibangun di tepian benteng yang melindungi kawasan tempat tinggal kasta Sacsayhuaman.

"Sebelumnya kami mengira Sacsayhuaman hanya benteng pertahanan semata, namun kami sekarang mengetahui pusat seremonial lebih kompleks," ujar Luis Lumbreras, pakar kebudayaan pra-Inca yang juga mantan direktur National Culture Institute Peru menanggapi temuan ini.

No comments: